Fitur Baru Honda PCX 160 | HSTC
Click Me!

Jumat, 19 Maret 2021

Fitur Baru Honda PCX 160 | HSTC

Fitur Baru Honda PCX 160
Honda Selectable Torque Control

HSTC Honda

Fitur dan teknologi untuk mendukung aspek keamanan dan keselamatan berkendara sepeda motor terus berkembang. Salah satunya adalah fitur Honda Selectable Torque Control (HSTC).

Fitur ini berfungsi untuk membatasi torsi mesin jika terdeteksi adanya perbedaan kecepatan putaran ban depan dengan ban belakang, sehingga potensi terjadinya ban selip dapat dihindari.

Fitur yang biasa dijumpai pada model Big Bike dan Matic Premium Honda seperti; Honda CRF 1000L Africa Twin, Honda Gold Wing, CBR 1000RR, X-ADV 750, Forza, sekarang sudah di aplikasikan pada PCX 160.

Lantas bagaimana fitur HSTC bekerja pada sepeda motor ?

Aktifkan Hanya Dengan Satu Tombol

Pengendara bisa mengaktifkan fitur ini hanya dengan menekan tombol yang ada di bagian setang sebelah kiri ke posisi ON.

Jika pengendara ingin merasakan sensasi torsi mesin yang lebih kuat, maka fitur ini bisa di-non-aktifkan dengan menekan tombol tersebut ke posisi OFF.

Fitur ini bisa diaktifkan dan dimatikan saat motor sedang melaju. Tapi alangkah baiknya dilakukan saat posisi motor sedang berhenti.


Khusus untuk All New Honda PCX 160, pada saat mesin dihidupkan maka lampu indikator HSTC akan menyala.

Indikator HSTC Aktif

Jika ingin menonaktifkan HSTC tinggal ubah dengan cara menekan tombol menu untuk menonaktifkan dan akan keluar logo T silang.

Yang perlu diperhatikan jika ingin menonaktifkan HSTC maka jangan mematikan mesin All New Honda PCX 160.

Teknologi HSTC secara otomatis akan kembali aktif saat mesin motor dihidupkan

Catatan, Fitur HSTC ini hanya tersedia pada All New Honda PCX tipe ABS dan e:HEV, untuk tipe CBS belum ada fitur ini.

 

Dikendalikan Oleh Electronic Control Unit (ECU)

Cara Kerja HSTC

HSTC akan bekerja saat sensor yang ada pada tiap roda mendeteksi adanya perbedaan kecepatan putaran roda depan dan roda belakang.

Kemudian informasi tersebut akan dikirimkan ke ECU dan ECU akan memerintahkan Engine Torque Control (ETC) untuk memutus sementara pengapian mesin.

Saat ETC memutus pengapian, secara otomatis kerja mesin akan terhenti dalam sepersekian detik sehingga penyaluran torsi mesin ke roda belakang terputus untuk meredakan selip yang terjadi.

Kebalikan Dari Anti-lock Braking System (ABS)

Kerja HSTC seperti kebalikan dari kerja Anti-lock Braking System (ABS). Jika ABS bekerja untuk mencegah hilangnya traksi saat pengendara melakukan pengereman mendadak atau panic braking, maka HSTC bekerja untuk mencegah hilangnya traksi saat gas dibuka atau berakselerasi.

Perlu diingat, fitur ini akan memberikan dampak yang besar jika dibarengi dengan gaya dan sikap berkendara yang baik atau tidak ugal-ugalan sehingga sangat berguna dan penting, terutama sebagai fitur safety atau keselamatan pengendara.

Untuk menjaga performa sepeda motor tetap optimal, lakukanlah perawatan berkala di bengkel AHASS terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan dan perawatan secara rutin oleh mekanik Honda berpengalaman.